Tak Berkategori  

Biografi Mulana Jalaluddin Rumi 1207, Sufi Persia dan Tarian Cinta Ilahiyat

Avatar
Google News
Biografi Mulana Jalaluddin Rumi 1207, Sufi Persia dan Tarian Cinta Ilahiyat
Biografi Mulana Jalaluddin Rumi 1207, Sufi Persia dan Tarian Cinta Ilahiyat

Surau.co – Maulana Jalaluddin Rumi adalah seorang sufi dan penyair besar yang karya-karyanya perlu dikaji secara serius, baik sebagai warisan budaya Islam Iran maupun warisan budaya dunia Muslim.

Ada beberapa alasan mengapa studi tentang Jalaluddin Rumi terus dilakukan sejak dahulu kala. Pertama, karya Rumi kebanyakan berbentuk sastra Persia, yaitu berupa puisi. Dan kit tahu bahwa karya-karya semacam itu memiliki dampak yang jauh lebih langgeng dan kuat daripada karya-karya ilmiah dan teknis, seperti tesis, yang ditulis dengan gaya formal dan menggunakan aturan tata bahasa yang kaku.

Kedua, Maulana Jalaluddin Rumi adalah seorang sufi agung yang kebesarannya diakui, tidak hanya oleh para pemikir Muslim, tetapi juga oleh para pemikir Barat. Hal ini tentu terbukti dengan adanya pengaruh tulisan Rumi terhadap para pemikir di kemudian hari.

Menurut penulis, jika berbicara tentang Islam atau studi Islam dari perspektif studi regional, ada beberapa wilayah Islam yang tidak dapat diabaikan: Pertama, studi Islam di wilayah Hijaz: Mekkah, Madinah dan sekitarnya. Kedua, mempelajari Islam di Mesir dan sekitarnya. Ketiga, Studi Islam di Turki. Keempat, studi Islam di wilayah Persia. Kelima, mempelajari Islam di Asia Tenggara dan yang terakir, mempelajari Islam di Barat, yaitu Eropa dan Amerika.  

Seluruh bagian dunia Muslim ini harus menjadi fokus studi oleh para sarjana dan pemikir Islam, apakah kita setuju dengan kecenderungan teologis dan mazhab yurisprudensi; apakah kita setuju dengan masa kini mistik atau masa kini politik.

Namun demikian, tema ini bukanlah yang pertama ditulis tentang Maulana Jalaluddin Rumi, tapi setidaknya ada apresiasi untuk para sufi besar yang juga penyair kelas dunia, seperti Maulana Jaluddin Rumi. Namun, belakangan ini apresiasi di kalangan sastra dan puitis tampaknya semakin menurun dan kualitasnya semakin menurun.  

Lagi pula, kita mungkin menemukan bahwa karya sastra dan puisi kita lebih didominasi oleh cinta manusia atau cinta sesama makhluk, yang pada hakikatnya tidak akan benar-benar mencapai tujuan, dari pencipta manusia itu sendiri.

Inilah yang perlu dikoreksi akhir-akhir ini agar dunia sastra dan puisi kita kembali ke jalur yang benar dan mampu mencerahkan dan menginspirasi generasi muda muslim agar menjadi muslim yang memiliki prinsip hidup berlayar di lautan badai kehidupan ini.

Riwayat Hidup Maulana Jalaluddin Rumi

Maulana Jalaluddin Rumi, adalah penyair terbesar Persia, yang lahir pada 1207, di Balkh, sebuah kota di provinsi Khurasan, Persia utara.

Pada saat itu, kota  Persia berada di bawah kekuasaan Muhammad Shah, adalah merupakan raja terbesar dari dinasti Khwarizmi, yang pemerintahannya, seperti yang digambarkan  E. G. Browne, “meliputi Pegunungan Ural di utara hingga Teluk Persia di selatan, dan dari sungai Indus  ke selatan ke timur dan Efrat ke barat.

Keluarga Rumi telah tinggal di Balkh hingga beberapa generasi, sehingga keluarga Jalaluddin Rumi sangat dihormati dan, menurut para penulis biografinya mereka, mewakili berbagai kepribadian yang sukses di bidang hukum dan agama.

Kisahnya dimulai dengan kakeknya yang terkenal, yang dikatakan keturunan Arab, yang silsilahnya sampai kepada Abu Bakar, yang merupakan khalifah Islam pertama. Meskipun biografi Jalaluddin Rumi di Timur, seperti juga kehidupan orang-orang suci Persia lainnya, namun demikian, sebagian besar menilai bahwa kisah Jalaluddin Rumi merupakan legenda, sedangkan tulisannya sendiri tidak ada hubungannya dengan peristiwa sejarah pada saat itu, akan tetapi tampaknya beruntung masih ada beberapa sumber informasi lama yang relatif dapat dibuktikan keabsahannya.

Pada tahun 1219, ketika Jalaluddin Rumi berusia 12 tahun, ayahnya, Bahauddin Walad, secara tiba-tiba dengan keluarganya meninggalkan klan Balkh  dan pindah ke Barat. Namun demikian, alasan kepindahan ini adalah hasil dari ilham ilahi serta konspirasi manusia yang menurut beberapa orang disebutnya menyebutnya sebagai alasan fiktif.

Namun demikian tidak lama setelah kepergian keluarga Jalaluddin Rumi itu, rupanya kota Balkh diserang oleh pasukan Mongol, dan meluluh lantahkan klan Khurasan dalam perjalanan kembali ke tanah airnya.

Berita tentang penjarahan ini akhrnya sampai di telinga keluarga Jalaluddin Rumi bahakan sebelum dirinya sampai ke Bagdad atau tempat lain dari Bagdad ke Mekah, saat mereka menuju ke Damaskus dan akhirnya menetap di Rum (Turki).

Rumah pertama mereka di Zarandah, sekitar 40 mil sebelah tenggara Konya, tempat Jalaluddin menikah. Pada 1226, putra sulungnya lahir, Sultan Walad. Belakangan, Bahauddin dan keluarganya pindah ke Konya, ibu kota kerajaan Saljuk bagian barat, tempat ia meninggal pada tahun 1230.

Dikisahkan bahwa ia telah menjadi seorang teolog yang terkenal, seorang guru clan khatib besar, yang dimuliakan oleh para muridnya clan sangat dihormati oleh pihak kerajaan, karena bertindak sebagai penuntun spiritualnya. Sekitar waktu ini, Burhanuddin Muhaqqiq at-Tirmizi, seorang petani murid Bahauddin ketika masih tinggal di Balkh, tiba di Konya.

Di bawah pengaruhnya, Jalaluddin Rumi, yang saat itu berusia 25 tahun, menjadi sangat bergairah kepada disiplin dan ajaran-ajaran para Sufi baik lelaki maupun perempuan yang berusaha menyatukan diri mereka dengan Tuhan.

Sela ma 10 tahun berikutnya, 1a mencurahkan diri untuk meniru Pir-nya dan mengalami seluruh maqam kehidupan tasawuf, sehingga karena Burhanuddin wafat pada tahun 1240, maka ia memangku jabatan Syeikh, sehingga dengan demikian mulailah, sekali-pun mungkin tidak direncanakan terlebih dahulu, langkah untuk menciptakan persaudaraan antar murid.

Dengan begitu selain karena pribadi Rumi memang sangat menarik, juga tidak lepas dari tingkat keilmuan yang dimiliki oleh Jalaluddin Rumi itu sendiri, sehingga lambat laun jumlah muridnya terus bertambah.

Sisa hidupnya, kata anaknya sendiri, terbagi menjadi tiga masa, yang setiap masanya ditandai oleh keintiman mistis untuk mencapai tingkat “Manusia Sempurna”, yaitu seorang dari orang-orang suci yang mencerminkan sifat-sifat Ilahi, se­ hingga pencinta itu melihat dirinya sendiri dengan cahaya Tuhan, dirinya dengan Kekasihnya bukanlah dua, melainkan Satu.

Pengalaman seperti ini terbentang dalam setiap inti Teosofi Rumi, yang secara langsung maupun tidak langsung mengilhami seluruh puisinya. Dalam syair naratif anaknya, yang juga seorang Sufi, hal itu secara hati-hati digunakan untuk mencapai maksud yang luas karena unsur alegori.

Pada tahun 1244 seorang Sufi pengembara, yang diketahui keturunannya dengan nama Syamsuddin at-Tabrizi, datang ke Konya. Dalam diri orang asing inilah Jalaluddin Rumi menemukan bayangan sempurna dari Kekasih Tuhan yang telah lama dicari­ carinya.

Jalluddin Rumi membawanya pulang dan mengundangnya untuk tinggal selama satu atau dua tahun. Mereka hidup bersama, tak terpisahkan. Bahkan, Sultan Walad saling menularkan persahabatan suci antara keduanya yang menarik antara ayah dan “santo tersembunyi” itu seperti perjalanan terkenal Nabi Musa  dalam persahabatannya dengan Nabi Khidhir (al Quran, 64-80), orang bijak, yang oleh para sufi dianggap sebagai penerang utama dan penunjuk jalan menuju Tuhan.

Sementara itu, murid-murid Maulawi (Mevlevi) Rumi berhenti mengajar dan berhenti berbicara dengan guru. Mereka marah karena kesetiaan guru yang terus berlanjut hanya kepada Syamsuddin, yang kemudian menyerang “pengacau” itu dengan perlakuan kejam dan ancaman berat.  

Akhirnya Syamsuddin melakukan perjalanan ke Damaskus, tetapi dibawa kembali karena keberhasilan Sultan Walad, yang dikirim oleh Jalaluddin Rumi untuk menemukannya, hal itu karena Jalaluddin Rumi terganggu oleh kehilangan sahabatnya.  

Inilah sebabnya mengapa murid-muridnya “menunjukkan penyesalan” dan diampuni. Namun segera, kecemburuan mereka mulai berkobar lagi, mendorong Syamsuddin untuk mengungsi ke Damaskus untuk kedua kalinya, dan sekali lagi Sultan Walad diundang untuk memulihkan situasi.  

Akhirnya, mungkin pada tahun 1247, pria tak dikenal itu menghilang tanpa jejak Sultan Walad dengan gamblang menggambarkan kegembiraan dan luapan emosi yang melanda ayahnya saat itu.

“Tidak pernah sejenak pun dia berhenti mendengarkan musik (sama’), dan menari; Tidak pernah dia melepaskan lelah, baik siang maupun malam.

Telah menjadi seorang mufti: dia menjadi penyair;

Telah menjadi seorang pertapa: ia menjadi mabuk oleh Cinta.

Bukanlah anggur biasa: jiwa yang terang hanya meneguk anggur cahaya.”

Di sini, Sultan Walad menyinggung Diwan-Syams-i Tabriz (Firman Syamsuddin atT abrizi), kumpulan puisi mistis yang diciptakan Jalaluddin atas nama Syamsuddin dan didedikasikan untuk mengenang sahabat karibnya yang telah lama hilang.

Baris pertama tidak menegaskannya, kecuali mungkin hanya untuk memberi kesan bahwa beberapa ahli mengatakan bahwa kesedihan yang disebabkan oleh hilangnya Syamsuddin di Tabrizi mendorong Jalaluddin Rumi untuk menciptakan tarian religi khas Mevlevi dengan bagian iringan seruling bambu.

Tahap berikutnya (1252-1261) Kehidupan spiritual Jalaluddin Rumi seperti orang yang pingsan beberapa kali selama sisa hidupnya. Selama beberapa tahun setelah kematian Syamsuddin, ia mengabdikan segalanya untuk Salahuddin Faridun Zarkub, yang merupakan penerus (kekhalifahan) memberikan instruksi untuk tugas asisten pelatihan: dalam upacara Ordo Mevlevi.  

Setelah kematian Salhuddin (sekitar 1261), puisinya menemukan sumber inspirasi baru dan berlimpah di murid lain, Husanuddin Hasan ibn Muhammad ibn Hasan ibn Akhi Turk, seorang pria yang namanya dikaitkan dengan karya terbesarnya, “Matsnawi”.

Matsnawi menyebutnya “buku Husam” dan membandingkan dirinya dengan seruling di bibir Husamuddin, terus-menerus memainkan “musik melengking yang dia buat”.  

Selama sepuluh tahun terakhir kehidupan penyair, bawahan tercinta ini adalah pangerannya, sampai kematian Rumi pada tahun 1273, yang kemudian menggantikannya sebagai kepala Ordo Mevlevi, sebuah martabat yang dia pertahankan sampai tahun 1284, baru kemudian Sultan Walad menggantikan kedudukan tersebut.

Sejak pertama kali, kisah hidup Rumi diceritakan dalam syair oleh putranya, dan penulis biografinya telah menambahkan sedikit pada cerita itu, karena kebutuhan atau nilai. Dari suku Aflaki lainnya kita mengetahui bahwa Rumi adalah pembimbing, pemikir dan sahabat, tidak hanya bagi menteri Mu’inuddin, Parwanah (gubernur) Rum, tetapi juga bagi rajanya sendiri. , Sultan ‘Ala’uddin.

Ini menunjukkan, bagaimanapun, bahwa dia dan kelompok sufinya memiliki bantuan dan posisi untuk membela diri dari serangan terhadap ajaran mereka. Penyair mengambil sikap tegas dalam pelukan kritikus arus utama, menyebut mereka “orang gila” dan “anjing desa menggonggong di tengah malam.”

Cinta mistis Plato tergoda oleh matahari jauh sebelum puisi Jalaluddin Rumi menyatakan bahwa dia dan Syamsuddin Tabriz adalah “satu tubuh dengan satu jiwa”. Dalam persatuan jiwa-jiwa yang penuh kasih ini, semua perbedaan hilang: hanya kesatuan esensial Cinta yang tersisa, di mana “yang terkasih” dan “yang terkasih” telah menggabungkan identitas mereka yang berbeda. Soal lirik Diwan-i Syams-i Tabriz, Rumi tentu saja menggunakan nama Syams seolah-olah dirinya dan Syamsuddin sudah menjadi orang yang identik.

Meskipun citra Syamsuddin bagi kita tampaknya material, kita tidak dapat menerima (menyetujui) pandangan beberapa sarjana modern yang mengatakan bahwa Syamsuddin tidak lebih dari perwujudan kekuatan puitis dan mistik Jalaluddin Rumi setara timur “Muse”.  

Mereka yang setuju dengan teori ini harus memperluasnya dengan memasukkan Shlahuddin dan Husamuddin dan menyiratkan bahwa Sultan Walad menciptakan tiga karakter imajiner untuk memainkan peran penting dalam kehidupan ayahnya, dia dan dalam pembentukan ordo Mevlevi.  

Orang Barat yang mempelajari Diwan dan Masnawi akan memparalelkan garis-garis ini dengan cara yang berbeda. Dante tidak akan mengubah romansa si penipu, yang menjadi objek hasrat romantisnya akan Kebijaksanaan Surga dan keagungannya dengan nama Beatrice.

Baca Juga: Biografi Rabi’ah Al-Adawiyah 717 M, Sufi Perempuan yang Menjomblo Selama Hidupnya

Wafatnya Jalaluddin Rumi

Pada tahun 672 H./1273 M di wilayah Kauniyah terjadi gempa bumi yang berlangsung selama seminggu penuh. Penyebabnya karena kabar Jalaluddin sakit parah.  

Kerumunan orang datang kepadanya untuk meminta doa. Kemudian dia berkata: “Sesungguhnya bumi ini lapar, selalu mencari makanan. Dan dia akan mendapatkannya dalam waktu dekat. Maka cobaan ini akan segera sirna dari kalian semua.”  

Seorang teman bernama Syadruddin segera pulih: “Semoga Allah memberi Anda kedamaian dengan kesembuhan.” Tidak ada yang bisa menyakitimu, jika tabir antara kekasih dan kekasih telah tersingkap. Jalaluddin Rumi semopat menjawab, “Jika kamu memiliki iman, maka kematian akan terasa ringan, dan memiliki arti yang baik.”  

Tetapi ada juga orang-orang yang tidak percaya dan orang-orang yang getir. “Setelah menjelaskan makna kebenaran yang utuh, Jalaluddin Rumi akhirnya meninggalkan dunia fana ini sebelum matahari terbenam. Peristiwa menyedihkan ini terjadi pada hari ke-5 Jumadl Akhir tahun 672 H./1273 H.  

Saat jenazahnya hendak berangkat ke pemakaman, penduduk setempat berbondong-bondong menemuinya. Pengikut agama lain juga berduka atas kepergiannya. Misalnya, orang Yahudi dan Kristen, membaca Taurat dan Injil.

Hadir juga di pemakaman, para pemimpin negara. Untuk para imam dan agamawan, penguasa negara itu pernah bertanya: “Peduli apa kalian clengan suasana berkabung saat ini? Bukankah yang meninggal ini jenazahnya seorang muslim yang alim.”   

Para biarawan dan pendeta menjawab: “Melalui dialah kami mempelajari kebenaran dari para nabi sebelumnya. Di dalam dia kita memahami perilaku orang-orang kudus yang sempurna.

Pagi-pagi sekali jenasah Jalaluddin Rumi berpulang dengan diiringi pelayat yang tak terhitung banyaknya. Tangisan mereka menggema seiring dengan kepergiannya. Tak heran jika arak-arakan jenasah baru tiba di lokasi pemakaman pada sore hari dan baru disemayamkann pada malam harinya.

Cinta Maulana Jalaluddin Rumi

Jalaluddin Rumi dalam beberapa karyanya memang lahir karena rasa cinta dan rindu yang tak terhingga kepada sang Khaliq, sehingga hampir setiap puisi yang lahir memiliki makna kedalaman ruhani yang begitu sangat merinukan perjuampaan dengan-Nya.

Berikut contohnya puisinya;

Karena Cinta

Karena cinta duri menjadi mawar Karena cinta cuka menjelma anggur segar

Karena cinta keuntungan menjadi mahkota penawar

Karena cinta kemalangan menjelma keberuntungan

Karena cinta rumah penjara tampak bagaikan kedai mawar

Karena cinta tompokan debu kelihatan seperti taman

Karena cinta api yang berkobar-kobar jadi cahaya yang menyenangkan

Karena cinta syaitan berubah menjadi bidadari

Karena cinta batu yang keras menjadi lembut bagaikan mentega

Karena cinta duka menjadi riang gembira

Karena cinta hantu berubah menjadi malaikat

Karena cinta singa tak menakutkan seperti tikus

Karena cinta sakit jadi sehat

Karena cinta amarah berubah menjadi keramah-ramahan

Tidak hanya itu saja, tentang alam semesta bagi Jalaluddin Rumi diciptakan oleh tuhan atas dasar cinta, sebab cintalah yang telah mendorong Tuhan mencipta alam, sehigga cinta Tuhan merembas, sebagai napas Rahmani, kepada seluruh partikel alam, dan menghidupkannya, sehingga berbalik mencintai sang penciptanya.

Bagi Rumi, cinta adalah tenaga universal yang bertanggung jawab atas gerakan evolutif alam dari level yang rendah ke level-level yang lebih tinggi. lnilah ajaran evolusi Rumi, yang telah mendahului Darwin lebih dari 600 tahun.

Bagi Rumi alam bukan benda mati begitu saja, karena sekalipun pada dirinya alam itu “mati dan beku laksana salju”, tetapi berkat sentuhan cinta Tuhan, maka ia menjadi makhluk yang hidup, bergerak penuh energi ke arah Tuhan sebagai Yang Maha Baik dan Sempurna.

“Alam itu mati dan beku laksana salju. Kalau bukan karena cinta,” tanya Rumi, “bagaimana ia terbang dan mencari pemakan laron?” Dengan kekuatan cinta yang dimilikinya, alam kemudian berkembang dari tingkat yang rendah, seperti mineral, ke tingkat lebih tinggi, seperti tumbuhan, dan hewan, hingga mencapai tingkat manusia.

Bahkan setelah mencapai tingkat manusia, ia akan terns melakukan pencarian dan pengembangan lebih lanjut, bukan pada tataran fisik biologis lagi, tetapi pada tingkat imajinal dari spiritual, hingga tujuannya (bersatu dengan Tuhan) tercapai.

Oleh karena itu, bagi Jalaluddin Rumi, alam bukanlah makhluk mati, tetapi hidup, berkembang bahkan memiliki kecerdasan, sehingga mampu mencintai dan dicintai. Dalam salah satu syairnya, Rumi pernah menggambarkan hubungan langit dan bumi seperti sepasang suami-istri.

Rumi berkata:

“Seperti suami langit berputar mencari nafkah,

sedangkan bumi, sang istri,

menerima apa yang dinafkahkan langit.

Ketika bumi kekeringan, maka langit memberi hujan atau embun,

ketika bumi kedinginan, maka langit memberinya kehangatan.

Demikianlah, bumipun melahirkan anak­ anaknya erat menjaga dan memeliham

apa yang dilahirkannya itu.

“Andai mereka tidak punya kecerdasan, mengapa mereka bertingkah laku seperti orang­ orang cerdas.

Andai mereka tidak menikmati hubungan mereka berdua,

bagaimana mereka melangkah seperti sepasang kekasih’?”

Oleh karena itu, kita harus menganggap alam bukan sebagai benda mati, tetapi sebagai makhluk hidup. Cintai mereka, maka mereka pasti akan membalas cinta kita dengan memberikan yang terbaik untuk mereka.  

Cinta adalah kekuatan universal yang fundamental, karenanya semacam “peri penting” oleh Bergson, yang mengarah pada evolusi alam. Namun demi cinta, gerakan ini tidak buta, seperti yang dipikirkan Darwin atau Schopenhour, tetapi gerakan yang pasti ke arah yang dicintai, yaitu Tuhan.

Di sinilah letak perbedaan antara teori evolusi Rumi dan Darwin. Sedangkan dalam evolusi Darwin, Tuhan  kehilangan tempat dan perannya sebagai pencipta, dalam Rumi Tuhan  menempati tempat sentral, baik sebagai sumber segala sumber keberadaan, maupun karena daya tariknya yang luar biasa sebagai tempat kembalinya segala yang bernama ada.

Pewarta: EnolEditor: Nurul Hidayat
AvatarEnol
Instagram
Mau tulisan kamu dimuat di Surau.co seperti Enol? Kirim Tulisan Kamu